Minggu, 12 Agustus 2012

MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:

1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. Bidang  pendidikan  dalam  penyampaian  bahan  pengajaran  secara interaktif dan dapat  mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang   jaringan   dan  internet   yang  membantu  dalam  pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):

1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang   mampu  mengingat  30%   dari   yang   didengar,  dilihat,   dan dilakukan.

Multimedia mampu:

1. Mengubah mengubah tempat kerja.   Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat  melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software   yang  mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah    cara    belanja.        Homeshopping/teleshopping  dapat dilakukan dengan menggunakan  internet,  kemudian  barang  datang
dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah   cara   memperoleh   informasi.       Orang-orang   mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah  cara  belajar.   Sekolah  mulai   menggunakan  komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.



Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
   Perception    media    membantu    manusia    untuk    merasakan lingkungannya
   “Bagaimana manusia   menerima   informasi   pada   lingkungan komputer?”  Æ  Persepsi  informasi   melalui  penglihatan  atau pendengaran
   Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
   Aspek pada perception medium :
i. Aspek  Representative  Space:  sesuatu  yang  terkandung daklam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai  yang terkandung dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
-  Predefined      symbol      set       (sudah      disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time  dependent  ,   continuous  media  (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
   Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
   “Bagaimana    informasi     pada     komputer     dikodekan?”    Æ Menggunakan                     berbagai                 format                         untuk                         merepresentasikan informasi. Contoh :
-   Text                  :  ASCII dan EBCDIC
-   Grafis               :  CEPT atau CAPTAIN videotext


-   Audio stream   :  PCM  (Pulse  Coding  Method)  dengan kuantisasi linier 16 bit
-   Image               :  Facsimile (standard ISO) atau JPEG
-   Audio/video     :  TV   standard  (PAL,  SECAM,  NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
   Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
   “Melalui   edia   apa   informasi   disajikan  oleh   komputer,  atau dimasukkan ke komputer?”
Æ   Output :  kertas, layar, speaker
Æ   Input    :  keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
   Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
   “Dimanakah informasi akan disimpan?” Æ microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
   Pembawa  informasi  yang  memungkinkan  terjadinya  transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
   “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” Æ  melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
   Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
   “Bagaimana   informasi    dari    tempat    yang    berbeda   saling dipertukarkan?” Æ direct transmission dengan jaringan komputer, combined  (storage  dan  transmission  media),  web  yang  berisi informasi, e-book, forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar